7 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Dengan Cepat dan Mudah

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan – Kapalan bukan hal baru terjadi di masyarakat karena kita tahu kapalan merupakan masalah kulit yang sudah familiar secara umum, tetapi masih banyak orang yang belum memahami penyebab kapalan tersebut serta cara mengatasi/menghilangkan kapalan  dengan cepat dan ampuh.

Memang banyak orang yang mengabaikan kapalan dikarenakan masalah kulit yang satu ini dianggap tidak berbahaya serta jarang terlihat jelas. Namun taukah anda bahwa kapalan dapat menjadi masalah serius bagi kalangan remaja dan orang yang peduli pada penampilan yang sering sekali bersalaman dengan orang lain apabila ada kapalan di telapak tangan mereka, selain itu tak jarang kapalan dapat mengakibatkan rasa sakit dan nyeri, oleh karenanya sebaiknya kapalan harus segera diobati dan  dihilangkan secepat mungkin, bagaimana caranya? simak dulu ulasan berikut.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan Dengan Cepat dan Mudah

caracantiksehat.com – Kapalan atau dalam bahasa medis disebut calllus adalah lapisan kulit yang mengeras dan menebal hal tersebut biasanya diakibatkan oleh gesekan maupun tekanan terus menerus serta direspon langsung oleh lapisan kulit Sehingga lapisan kulit tersebut mengeras dan menebal. Kapalan tidak terjadi dibagian telapak tangan saja melainkan pada telapak kaki, jari, dll. Intinya kapalan terjadi biasanya terjadi pada orang yang sering bekerja keras seperti kuli bangunan, dll. Namun anda tak perlu khawatir karena saya akan memeberi tips  menhilangan kapalan di telapak tangan tersebut dengan mudah dan cepat. Berikut cara menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

1.Menggunakan air hangat
cara pertama yang bisa anda lakukan terkesan sangat mudah dan cukup ampuh dalam menghilangkan kapalan di tangan. penggunaannya juga sangat simple yaitu dengan menyiapkan air hangat kuku pada sebuah wadah, lalu rendamkan tangan anda kedalamnya selama beberapa menit (kurang lebih 10 s/d 20 menit). Perlu diketahui apabila telapak tangan kapalan tersebut sangat parah anda dapat mencampur air hangat tersebut dengan cuka apel untuk hasil yang lebih maksimal. sembari direndam anda dapat memaksimalkannya lagi dengan cara menggosok kapalan tersebut menggunakan batu apung yang bersih dan perlahan supaya tidak iritasi atau luka.

Cara tersebut sebaiknya dilakukan minimal 1x dalam seminggu, perlu anda perhatikan apabila telapak tangan yang kapalan sudah mengelupas dan terasa sakit, sebaiknya anda menghentikan cara tersebut sesegera mungkin. Oh iya cara ini berfungsi sebagai pengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kapalan di tangan.

2.Menggunakan baking soda
Pasti kita tidaklah asing dengan baking soda terutama kalangan ibu-ibu yang gemar membuat kue, yaps bahan kue yang satu ini memang sudah familiar ditelinga kita selain dibuat bahan pembuatan kue dan adonan. Baking soda kerap juga digunakan sebagai bahan  perawatan wajah, kulit bahkan dipercaya mampu sebagai Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan.

Selain mudah didapatkan penggunaan baking soda untuk mengatasi kapalan di tangan bisa dikatangan sangat simple dimana kita dapat membuat pasta pemoles dengan mencampurkan baking soda kedalam air hangat dan mengoleskannya.

3.Menggunakan lotion
Setelah anda melakukan Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan  diatas  selanjutnya anda dapat menggunakan lotion yang bertujuan agar kapalan semakin menghilang dan tentunya tidak muncul lagi. Dengan menggunakan lotion setelah melakukan metode-metode diatas atau setelah mandi dapat melembabkan kulit menjadi lembab kulit, hal tersebut juga dapat mencegah timbulnya kapalan.Selain itu anda dapat menggunakan lotion ketika hendak istirahat malam dan melapisinya dengan sarung tangan agar kelembapan lotion tersebut tetap terjaga.

4.Menggunakan bawang putih
Bukan hal baru lagi jika bawang putih digunakan sebagai bahan perawatan di dunia kecantikan tak terkecuali sebagai penghilang kapalan di telapak tangan. Campuran antara bawang putih dan cuka sangat maksimal dalam menghilangkan kapalan di tangan dengan cepat. untuk pembuatan bahannya cukup sederhana cukup dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu bisa dengan di blender atau di tumbuk. Setelah halus taruhlah pada sebuah mangkok atau wadah untuk menampung bawang putih yang telah halus untuk di tetesi dengan beberapa tetes cuka. kemuadian jemur sampai cuka terlihat mengering dan aplikasikan campuran  bahan ini ketika menjelang tidur, bersihkan pada pagi harinya, untuk hasil yang maksimal lakukan serutin mungkin sampai kapalan tersebut benar-benar menghilang

5.Menggunakan aspirin dan perasan lemon
Aspirin merupakan obat yang sering digunakan untuk mengencerkan darah dan bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik terdekat, namun siapa yang menyangka bahwa obat pengencer darah tersebut dapat kita fungsikan sebagai bahan untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan maupun di kaki. untuk cara pembuatannya tidaklah sulit anda hanya perlu menyediakan 4 s/d 5 tablet aspirin yang dapat anda peroleh di toko obat atau apotik terdekat. Selanjutnya aspirin tersebut tumbuk hingga halus beri 1 atau 2 sendok perasan air lemon dan sedikit air, aplikasikan pada tangan yang terkena kapalan.

Selanjutnya anda tutup kapalan yang telah diolesi bahan-bahan diatas menggunakan handuk dan bungkus kembali menggunakan plastik selama kurang lebih 15 menit. Buka kemudian gosok perlahan menggunakan batu apung. Perlu diketahui sebelum menggunakan metode ini pastikan anda tidak alergi obat apalagi diabetes.

6.Menggunakan kulit nanas
Mungkin sebagian dari anda kulit nanas merupakan kulit yang sudah tidak ternilai, hal tersebut tentunya kurang tepat sebab kulit nanas dapat kita manfaatkan sebagai obat penghilang kapalan di tangan maupun di kaki dengan sangat efektif dan cepat, penggunaannyapun tidak jauh berbeda dengan yang lainnya simple dan tidak sulit. yaitu dengan merendamkan tangan atau kaki kedalam baskom atau wadah yang sudah berisi air hangat selama 10 menit, tempelkan kulit nanas bagian dalam pada kapalan, biarkan semalaman dan bersihkan pagi harinya. Agar kulit nanas tersebut menempel dan tidak lepas anda dapat menggunakan perekat seperti plaster dll.

7.Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan minyak yang tidak perlu diragukan lagi akan khasiatnya di dunia kecantikan, minyak ini sudah sangat terkenal dan diakui oleh para ahli dapat mengatasi berbagai macam gangguan kulit tak terkecuali kapalan. Sebenarnya dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin saja anda dapat menghilangkan kapalan tersebut, namun bagi anda yang menginginkan hasil yang lebih maksimal anda dapat mencampurnya dengan kopi untuk dijadikan sebagai scrub, scrub ini dapat mengangkat sel kulit mati dengan mudah. Tidak hanya itu saja minyak zaitun kaya akan vitamin E, dimana vitamin E dapat kita andalkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Share This Post

Post Comment