Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi Dengan Mudah Dan Aman

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi – Berkomunikasi dengan bayi merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, hal ini menjadi masalah apabila si Buah Hati mengalami masalah kesehatan karena tentunya bayi tersebut tidak akan berbicara secara langsung kepada ayah atau Bunda, hal yang wajib diperhatikan adalah memperhatikan tingkah laku bayi tersebut contohnya apabila rewel, sering menangis apalagi mengalami batuk berdahak, bunda seharusnya Waspada dan harus segera mengatasinya.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

caracantiksehat.com – Jangankan bayi orang dewasa pun ketika mengalami batuk berdahak pasti rasanya tidak enak banget, Oleh karenanya dahak tersebut harus segera dikeluarkan, namun ada beberapa yang harus orang tua ketahui yaitu dahak atau lendir umumnya mengandung sel darah putih sel tersebut sebenarnya berfungsi melawan kuman yang berada di saluran udara bayi, apabila ada hak tersebut dibiarkan berkumpul berlarut-larut laut dalam jangka waktu yang lama tidak segera dikeluarkan dapat dipastikan gaya tersebut mengalami gangguan saluran pernapasan.

Perlu orang tua mengetahui apabila bayi anda berusia kurang dari 4 tahun tidak ada obat apapun yang direkomendasikan untuk anak anda sebagai pengencer dahak maupun penghilang batuk, oleh karenanya jangan dipaksakan untuk meminum obat, karena hal tersebut dapat membahayakan kesehatan buah hati anda.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

Memang sebenarnya adanya dahak pada tenggorokan berfungsi menyingkirkan kuman-kuman yang menumpuk, hal tersebut wajar karena secara alamiah tubuh dapat melawan dan mengeluarkan kuman tersebut,namun apabila dibiarkan dahak tersebut dapat mengganggu saluran pernapasan si debay, berikut cara untuk mengeluarkan dahak bayi dengan aman.

1.Menggunakan Madu Asli

Madu asli merupakan cairan yang sangat bermanfaat bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh, namun Tahukah Anda bahwa madu tersebut dapat kita gunakan untuk mengeluarkan dahak dan meredakan batuk pada bayi yang berusia di atas 1 tahun caranya sebagai berikut:

  • Siapkan madu asli yang sudah anda peroleh
  • Ambil setengah sendok saja
  • Beri sedikit air hangat
  • Dan sedikit perasan lemon
  • Minumkan pada bayi tersebut
  • Lakukan minimal 1 kali dalam sehari

 

2.Tepuk lembut punggung bayi

Ketika bayi terserang batuk berdahak sesegera mungkin untuk mengeluarkan dahak tersebut anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Taruh bayi pada pangkuan
  • Tepuk punggungnya secara lembut
  • Biarkan bayi mengeluarkan dahak tersebut

 

3.Tinggikan posisi kepala saat tidur

Mau tidak mau ketika bayi mengalami batuk berdahak bayi tersebut akan sangat sulit untuk tidur nyenyak, oleh karenanya Ada beberapa metode atau cara untuk membuat bayi tidur secara nyenyak salah satunya adalah menambah bantal dengan beberapa lapis handuk lembut dan apabila bayi terlihat sudah terlelap atau tidur nyenyak anda dapat meninggikan posisi kepalanya, hal ini akan membantu dahak cepat keluar.Cara ini cukup efektif bagi si kecil yang berusia di atas 1 tahun.

 

4.Dengan minyak telon

Minyak telon atau kayu putih dapat dijadikan alternatif untuk mengeluarkan dahak si Buah Hati, sebab cara ini sudah dipercaya mampu memudahkan dahak untuk keluar pada paru-paru tenggorokan bayi, untuk caranya ambil minyak telon taruh pada tangan kemudian usap lembut pada punggung bayi.

 

6.Memperbanyak cairan

Cara mengeluarkan dahak pada bayi berikutnya yaitu memperbanyak cairan, mengapa? Karena dengan memperbanyak cairan pada bayi selain dapat menghindari bayi dari dehidrasi juga dapat melegakan saluran pernapasan karena dahak, untuk itu cobalah memberikan ASI pada si dedek bayi secara eksklusif dan apabila bayi tersebut bisa atau sudah boleh mengkonsumsi makanan, bunda dapat memberikan makanan sehat seperti sup, air hangat dan lain-lain.

 

7.Tetes air garam

Apabila bayi Anda berusia kurang dari 6 bulan memakai tetes air garam sangat direkomendasikan, bagi Anda yang belum tahu alat tetes tersebut anda dapat mencarinya di apotik terdekat, kemudian anda isi dengan air garam. Teteskan cairan tersebut pada kedua lubang hidung namun ingat ada beberapa tetes aja, untuk mengeluarkan dahak tersebut anda dapat menggunakan alat suntik tanpa jarum atau lebih dikenal dengan nama syringe. Lakukan beberapa kali dalam sehari dan baiknya dilakukan sebelum makan.

 

8.Uap air panas

Metode ini lebih terkenal dengan terapi uap yang sudah dipercaya mampu menyingkirkan dahak serta melegakan hidung tersumbat. Untuk caranya cukup sediakan baskom yang anda ambil dari dapur, kemudian isi dengan air hangat, harus taruh si kecil dekat baskom tersebut sehingga dia dapat menghirup uap hangat yang dihasil baskom tersebut, nama orang tua wajib Waspada dalam meletakkan si Buah Hati usahakan jangan terlalu dekat agar tidak dijangkau si dedek bayi.

 

9.Dengan daun sirih

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang dirasa cukup ampuh adalah menggunakan herbal alami seperti daun sirih, bunda tidak perlu khawatir sebab metode ini tidak ada efek samping pada dedek kecil jika anda melakukannya dengan baik dan benar. Untuk caranya anda dapat menghangatkan terlebih dahulu selembar daun sirih yang masih segar, setelah dirasa cukup tempelkan secara langsung tepat pada dada buah hati anda, biarkan beberapa saat. Metode ini dapat mengencerkan dahak dan mengeluarkannya saat bayi mengeluarkan kotoran.

Terkait:

Demikianlah cara keluarkan dahak bayi bisa Anda coba agar si bayi dapat tersenyum kembali.