Cara Mengobati Rabun Senja atau Mata Ayam (rekomended!)

Sebelum kita mulai membahas tentang bagaimana cara mengobati rabun senja  kita bahas terlebih dahulu Apa itu rabun senja? Rabun senja secara medis disebut nyctalopia atau dalam bahasa Inggris disebut night brightness, selain itu pada umumnya rabun senja sering disebut rabun ayam. Gejala-gejala rabun senja pada umumnya yaitu tidak dapat melihat di malam hari Atau dalam pencahayaan yang kurang.cara mengobati rabun senja

Penyebab Rabun Senja

Penyebab rabun senja biasanya disebabkan oleh terganggunya fungsi fotoreseptor (sel yang menerima cahaya) tempat fotoreseptor sendiri ada pada selaput jala atau retina dan biasanya juga disebut saraf mata, pada retina sendiri terdapat 10 lapisan dan salah satunya adalah fotoreseptor, pada mulanya  menyerang fotoreseptor yang berbentuk batang dan diikuti menyerang fotoreseptor yang berbentuk kerucut.dan terjadi karena beberapa alasan

  1. Retinitis pigmentosa(RP) Biasanya Hal ini diakibatkan oleh faktor keturunan, walaupun demikian retinitis pigmentosa dapat terjadi walaupun tidak ada riwayat sebelumnya.
  2. Diabetes atau tingginya gula darah.
  3. Gejala rabun senja
  4. Katarak
  5. Kekurangan vitamin A & E
  6. Usia Lanjut
  7. Dll.

Apakah rabun senja bisa disembuhkan?

Menurut para ahli atau para spesialis mata rabun senja bukanlah suatu penyakit melainkan gejala yang ada pada suatu penyakit yang mendasarinya, jika bertanya bisakah rabun senja disembuhkan? Jawabannya ada yang bisa ada yang tidak tergantung tingkat keparahannya, tetapi apabila dikarenakan  vitamin A kemungkinan besar fotorseptor yang telah terserang dapat diperbaiki, karena kita bukanlah tuhan yang bisa memastikan segala sesuatunya. Perlu saya ingatkan lagi bahwa rabun senja bukanlah penyakit melainkan sebuah gejala.

 

Cara mengobati rabun senja

Untuk pengobatan secara medis biasanya dokter melihat terlebih dahulu tingkat keparahan penyakitnya, apabila dikarenakan kekurangan suplemen vitamin A, dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi 15.000 internasional unit selama 2 hari dan diberikan lagi pada hari ke-14, umumnya setelah hari tersebut sudah ada perbaikan.

Masalahnya sekarang di Indonesia sendiri terjadinya rabun senja disebabkan oleh retinitis pigmentosa atau turunan, jika demikian untuk tetap melihat tingkat keparahannya lalu memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya, perlu diketahui jika disebabkan oleh retinitis pigmentosa rabun senja dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan orang tua.

Dokter juga akan menyarankan untuk memeriksa setiap 3 bulan sekali untuk menghindari tingkat keparahannya atau sesuatu yang mempengaruhi keadaan. Selain itu Dokter akan menyarankan untuk menggunakan kacamata rabun senja khusus untuk memperbaiki gejala tersebut.

 

Pencegahan rabun senja

Adapun beberecara untuk mencegah rabun senja diantaranya:

  1. Perbanyak mengkonsumsi vitamin A, E, susu dan sayur-sayuran.
  2. Gunakan kacamata khusus  yang diberikan oleh dokter untuk tidak memperparah keadaan dan untuk  menghindari sesuatu ketika beraktivitas terutama saat menyetir.
  3. Hindari beraktivitas pada malam hari terutama pada tempat yang lumayan gelap.
  4. Apabila terasa semakin parah sebaiknya segeralah periksa ke dokter secepat mungkin.

Mungkin cukup segini pembahasan tentang Cara Mengobati Rabun Senja yang bisa kami sampaikan, terima kasih.