Perbedaan Mata Silinder Dan Minus ( Lengkap..!!! )

Perbedaan mata silinder dan minus Secara umum sulit untuk dibedakan sebab keduanya juga mengakibatkan pandangan kita menjadi kabur namun sebenarnya penyakit yang mengganggu penglihatan ini sangatlah berbeda dan oleh sebab itulah tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Mata Silinder Dan Minus

 

Apa itu mata silinder dan mata minus?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang perbedaan mata silinder dan minus alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu arti medis kedua penyakit mata ini.

Silinder : Silinder atau dalam istilah medis disebut astigmatisme Atau bisa diartikan gimana kondisi mata kita mengalami gangguan penglihatan menjadi kabur serta berbayang hal ini diakibatkan oleh lensa mata atau yang sering disebut kornea tidak cembung dengan semestinya, hal inilah yang mengakibatkan penglihatan kita kabur dan berbayang.

Minus : Mata minus dalam bahasa medis disebut miopia mengacu kondisi dimana pengelihatan akan kabur (tidak fokus) bila melihat benda jauh  atau lebih tepatnya kesulitan melihat dengan jelas benda jarak jauh.

 

Perbedaan Mata Silinder Dan Minus

1.Penyebab Pandangan Kabur

Penyebab utama mata minus biasanya diakibatkan oleh kelengkungan Kornia yang membesar hal ini mengakibatkan cahaya yang masuk tidak bisa fokus sehingga cahaya yang seharusnya jatuh tepat pada retina akan sedikit ke depan sehingga berada pada depan retina hal inilah yang mengakibatkan pandangan menjadi tidak karuan atau kabur.

Berbeda dengan penyebab utama silinder yang umumnya diakibatkan oleh kerusakan bentuk kornia serta kelengkungannya sehingga kelengkungan yang cacat tersebut mengubah cahaya yang masuk dan membiarkan cahaya tersebut hal ini mengakibatkan cahaya tidak jatuh tepat pada kornia tetapi jatuh depan atau belakang dari retina.

 

2.Tingkatan keparahan mata

Untuk saat ini banyak sekali penderita mata minus mengatasi gangguan penglihatannya tersebut dengan menggunakan kacamata min, tapi Tahukah Anda kacamata tersebut tidak langsung dapat menyembuhkan mata minus bahkan mata minus tersebut dapat bertambah seiring bertambahnya waktu hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk anda sendiri yang kurang menjaga kesehatan mata seperti terlalu lama Menatap layar televisi ponsel maupun komputer.

Berbeda dengan mata silinder yang secara umum sulit bertambah tingkat keparahannya jika telah menggunakan kacamata khusus silinder dengan ukuran yang sesuai serta tepat.

 

3,Gejala silinder dan minus

Gejala silinder maupun minus tentu saja harus diperhatikan dengan baik, untuk gejala mata minus selain pandangan yang kabur bila melihat objek jarak jauh umumnya diikuti dengan kepala terasa pusing.

Gejala pada silinder tidak jauh berbeda dengan mata minus selain kepala terasa pusing, penglihatan kabur, penderita silinder juga apabila memandang  objeknya berbayang dan tidak jelas.

 

4.Faktor Penyebab

Beberapa faktor penyebab mata minus dapat diakibatkan oleh faktor genetik, kebiasaan buruk memandang objek, terlalu sering melihat dengan jarak dekat pada kondisi yang gelap contohnya membaca buku dengan dekat pada ruangan yang redup.

Sedangkan penyebab silinder umumnya diakibatkan oleh kondisi mata minus yang sudah parah dan berkelanjutan, selain itu bisa juga diakibatkan oleh operasi katarak serta degenerasi kornea.

 

5.Kacamata Yang Digunakan

Kacamata yang digunakan oleh penderita mata minus biasanya memiliki lensa negatif atau biasanya disebut lensa cekung, lain halnya dengan kacamata penderita silinder yang umumnya memiliki lensa berbentuk silinder sebagai upaya menyatukan beberapa bayangan menjadi 1 bayangan sehingga pandangan akan jelas.

Baca juga :

Demikianlah sedikit pengetahuan tentang perbedaan mata silinder dan minus semoga dapat memberikan Anda wawasan yang lebih luas.